Kamis, 09 Agustus 2012

Mengunjungi Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Published by Pangeran Admin on Kamis, 09 Agustus 2012  | No comments


Siapa sangka Gunung Kidul sebuah daerah gersang di Yogyakarta menyimpan wisata air terjun yang sangat mempesona. Terletak di antara Sungai Oya yang dikelilingi hamparan persawahan nan luas, air terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Letaknya yang terpencil, membuat akses transportasi menuju lokasi wisata ini cukup sulit tetapi pesona yang ditawarkan begitu indah.


Cukup dengan berjalan sejauh 750 meter ke sebelah barat Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, anda dapat mencapainya dengan berjalan kaki atau dengan sepeda motor dan mobil. Meski begitu, pastikan kendaraan anda dalam kondisi yang baik untuk menuju tempat air terjun ini. Pasalnya jalannya cukup buruk, terutama setelah melewati Dusun Srikoyo menuju Menggoran, jalan aspalnya banyak berlubang. Setibanya anda di lokasi pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir, ada dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama menuruni jalan dengan pemandangan sawah hijau dihiasi pohon kelapa sawit, sedangkan pilihan kedua adalah naik rakit (gethek) atau perahu karet melawan arus sungai Oya yang tenang dan jernih. Meskipun tak jauh dari sana terdapat aliran air deras dari atas tebing, tetapi itu bukan puncak wisatanya. Air terjun Sri Gethuk masih berada di seberang, sekitar 300 meter dari “dermaga”.

Tak beberapa lama setelah anda menaiki rakit, seketika anda akan melihat keindahan air terjun yang diapit oleh dua tebing yang tingginya mencapai 50 meter. Tidak hanya kecantikan yang dapat memanjakan mata, tetapi tubuh akan langsung tertarik untuk menikmati kesegaran air yang jernih dan sejuk. Jika anda membawa baju ganti, menikmati kesegaran airnya dengan mandi adalah pilihan yang cocok dan tepat, dijamin anda akan lupa kepenatan dari aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan cerita rakyat, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu disebut dengan nama Air Terjun Sri Gethuk. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun

Setelah selesai melihat pemandangan air terjun, tidak ada salahnya anda menikmati fasilitas lain yang tak kalah menarik yakni kolam pemancingan. Di sini pengunjung bisa membawa alat pancing dan mengail ikan sepuasnya. Soal kuliner, di kawasan wisata ini terdapat tujuh warung makan. Paling spesial adalah tiwul tempe penyet. Ke depan, rencananya akan disediakan fasilitas rafting (arung jeram) dan flying fox.

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

© 2013 NewYorkyakarta. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top